Deprecated: mysql_pconnect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/k7213332/public_html/4dm1nt1p5k4nk31213/fungsi.inc.php on line 53
Tips Kanker--
Tips Kanker--
 
 
Gejala kanker kantong empedu
 

Kinerja Awal kandung empedu   

Non-spesifik manifestasi klinis kanker kandung empedu stadium awal, atau kolesistitis kronis, diagnosa awal sangat sulit. Bila sakit perut terus-menerus atas, adanya massa, sakit kuning, ini sudah hampir mencapai stadium akhir.   

Oleh karena itu, bila ada ketidaknyamanan atau sakit, terutama pada pasien lanjut usia di atas usia 50 dan memiliki batu empedu, radang, polip, harus melakukan secara teratur B-USG, agar bisa didiagnosa secara dini.  

Gejala dari kanker kandung empedu   

1,Gejala gastrointestinal: sebagian besar pasien (90%) muncul gangguan pencernaan, lelah muntah yang mengandung lemak/minyak, bersendawa, penurunan nafsu makan, ini adalah gejala disfungsi kandung empedu, bukan disebabkan oleh disfungsi pencernaan zat lemak.   

2, Daerah atas kanan kuadran nyeri : lebih dari 80% dari pasien (karena pada saat yang sama menderita batu empedu) dengan demikian akan terlihat gejala kolesistitis/ batu empedu, dengan ketidaknyamanan perut kanan atas, diikuti dengan nyeri yang persisten, nyeri tumpul, kadang-kadang disertai dengan paroksismal nyeri dan meluas ke bahu kanan.   

3, kuadran kanan atas terdapat massa: sekitar setengah dari pasien kanker empedu, bagian kuadran kanan atas/atas perut terdapat massa.   

4, kulit kuning, dan gatal: sering muncul di stadium akhir, kanker empedu telah mengganggu jaringan saluran empedu, atau adanya penyebaran ke kelenjar getah bening yang disebabkan oleh obstruksi bilier, hati mengeluarkan empedu ke dalam usus tidak berhasil, ini akan menyebabkan inflow empedu yang ke dalam pembuluh darah yang akhirnya bermanifestasi ke kulit, sebagian besar disertai dengan kulit gatal yang sulit untuk diringankan, kegatalannya bertambah parah pada malam hari.   

5, demam dan penurunan berat badan: sekitar 25% dari pasien akan mengalami demam, karena infeksi saluran empedu sekunder. Pasien dengan stadium lanjut sering disertai dengan penurunan berat badan, atau bahkan cachexia.  

Tanda-tanda kanker kandung empedu   

1, jaundice (penyakit kuning)   

Warna kulit menjadi kekuning-kuningan, warna kuning yang akan semakin kuning dengan waktu. Terlihatnya jaundice, berarti penyakitnya sudah parah.   

2, Adanya massa dibagian kuadran kanan atas   

Pembesaran bagian kuardran kanan atas perut, dan bila diraba terasa adanya benjolan. Juga bila ada pembesaran di daerah hati, juga akan terasa.

<< Back || Bookmark and Share   
Tips Of The Day

Para gadis yang menginjak usia pubertas sebaiknya mengendalikan konsumsi makanan berlemak tinggi, karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan penyakit lainnya.
Baca Selengkapnya
 
Jika anda mempunyai
pertanyaan atau keluhan
pada kesehatan
anda atau keluarga bisa
langsung menghubungi kami
 
OKM33
Sarang Semut
3S
MBM
MAXGIVER

Tips Kanker :: Seputar Kanker :: Informasi Lainnya :: News :: Event :: Contact Us

Deprecated: mysql_pconnect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/k7213332/public_html/ip.php on line 8
Pengunjung Sejak 01-01-2013
146643
Hari ini
92
Minggu ini
887